Seputar Garansi Jam Tangan Original

Salah satu kelengkapan saat membeli jam tangan original, adalah kita mendapatkan kartu garansi. Tapi kebanyakan dari kita klo beli barang, pada malas baca buku garansi, dilihat saja nggak, padahal dari situ kita bisa mengetahui hak-hak sebagai konsumen dan juga batasan-batasannya. Ada beberapa buyer yang langsung marah nanyain ke saya “MANA KARTU GARANSINYA? KOQ SAYA TIDAK DAPAT!!!” padahal kartu garansinya ada, cuma buyer tidak mau buka/baca, disangkanya cuma dapat buku manual+jam, padahal dalam buku tersebut ada lembar garansi.

Sebelum saya jelaskan sedikit perihal garansi jam tangan secara umum, saya bedakan dulu antara ASURANSI/GARANSI PENGIRIMAN dengan GARANSI SERVIS CENTER :

  • Asuransi / garansi pengiriman, adalah asuransi yang dikeluarkan oleh pihak ekspedisi untuk menjamin bahwa barang yang dikirim dari penjual sampai ke tangan pembeli dalam keadaaan utuh, jaminan ini hanya berlaku selama pengiriman. Jika barang diterima dalam keadaan rusak, misal kaca pecah, jam mati, atau bahkan paket hilang/tidak sampai, maka bisa klaim ke pihak ekspedisi (JNE) untuk minta ganti rugi dalam bentuk uang.
  • Garansi servis centre, adalah garansi yang dikeluarkan oleh vendor untuk menjamin produknya berfungsi normal selama periode tertentu, dengan kondisi pemakaian yang wajar tentunya. Anda tidak akan dikenai biaya servis/pergantian spare part jika jam anda rusak tapi masih dalam masa garansi.

BENTUK FISIK KARTU GARANSI

Bentuk fisik kartu garansi berbeda-beda, ada yang dalam bentuk seperti kartu nama bahan kertas, ada yang tebal mirip ky member card, ada yang nyatu dengan manual booknya, jadi cuma selembar doang, n halamannya di taruh dibelakang pula, sering kelewat. Untuk menemukan halaman garansi Anda tinggal cari saja bagian yang ber stempel, biasa tercantum juga KODE SERI JAM dan TANGGAL PEMBELIAN (ditulis tangan)

KETENTUAN GARANSI SECARA UMUM

  1. Waktu / periode garansi: setiap brand berbeda-beda, ada yang memberikan masa garansi 1 tahun, dan 2 tahun.
  2. Yang termasuk dalam garansi adalah biasanya HANYA MESIN, tidak berlaku untuk aksesoris seperti tali jam, kaca, atau material yang bisa dipakai habis, seperti baterai.
  3. Garansi berlaku untuk kerusakan karena produksi, misalnya jam dipakai normal, tapi tiba-tiba mati, atau gerakan jarumnya tidak normal, sering telat. Tapi jika jam rusak karena pemakaian yang salah/kelalaian dari si pemakai, maka garansi tidak bisa diklaim. Anda akan dikenai biaya untuk perbaikan. Contohnnya jika jam terbentur, terjatuh, terkena magnet, kena material panas/dingin, dijemur terlalu lama, terkena bahan kimia, atau digunakan DILUAR spesifikasinya, misal dipakai berenang, padahal spesifikasi nya hanya bisa untuk kehujanan/cuci tangan saja, atau dipakai menyelam, padahal speknya hanya untuk berenang.
  4. Garansi tidak berlaku jika ada bencana global, seperti misalnya bencana alam massal, seperti banjir, jamnya kebanjiran kena lumpur,lalu mati, maka tidak bisa diklaim ya.
  5. Garansi hanya berlaku bila kartu garansi sudah diisi dan dibubuhi stempel/cap dealer resmi, brand-brand internasional biasanya cukup ketat dalam hal ini, mereka tidak mau menerima klaim jika capnya olshop/toko online.

CARA KLAIM GARANSI JAM TANGAN

  1. Pastikan kartu garansi masih dalam periode garansi, dan sudah diisi dan dicap/stempel
  2. PASTIKAN kerusakan yang mau diklaim sesuai ketentuannya, jadi kalo batre habis, atau misal warna jam pudar, ya tidak bisa diklaim:)
  3. Hubungi/datangi kontak servis center yang tertera, nanti mereka akan pandu Anda bagaimana prosedurnya. Jika di dekat Anda ada counter/retailer resmi anda bisa datang dan menitipkan jam di counter tersebut. Untuk yang lokasinya jauh, jam bisa dipaketkan. Jangan lupa sertakan kartu/buku garansinya.
  4. Berikan nomor kontak yang selalu bisa dihubungi, mereka akan menghubungi Anda sehubungan dengan perbaikannya.
  5. BERSABAR, karena proses perbaikan memakan waktu, biasanya sekitar 2 minggu – 1 bulan.

Demikian, semoga bermanfaat ya..